Connect with us

Teknologi

Badan Sains dan Teknologi Jepang Perluas Proyek Penelitian Dukung Sistem Pengisian Nirkabel Kendaraan Listrik

Wartajakarta.com-Laboratorium Fujimoto dari program Pascasarjana Frontier Sciences di University of Tokyo, NSK Ltd., dan Bridgestone Corporation mengumumkan perluasan program penelitian dan pengembangan bersama untuk penciptaan masa depan yang dipelopori oleh Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (JST). NSK dan Bridgestone telah berpartisipasi dalam proyek ini sejak tahun lalu. Upaya perluasan mencakup perjanjian baru tentang penanganan paten dasar yang dihasilkan dari proyek, dan komitmen agresif untuk mengembangkan sistem pengisian nirkabel praktis pada motor di roda yang dipasang pada kendaraan listrik (EV).

 

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan teknologi yang mengubah kebiasaan berdasarkan ide-ide baru dan terobosan ilmiah untuk berkontribusi pada perwujudan masyarakat yang lebih berkelanjutan dengan menekan CO2 dalam jumlah minimal. Fase untuk proyek ini telah diatur untuk berjalan dari tahun 2018 hingga 2022 dibawah tema penelitian JST tersebut yaitu mengatasi kebutuhan global untuk mewujudkan masyarakat rendah karbon.

 

Dari total emisi CO2 Jepang (1.227 juta ton per tahun), 15% (184,5 juta ton per tahun) disebabkan oleh emisi dari mobil. Oleh sebab itu, pabrikan mobil di seluruh dunia telah mempromosikan pengembangan dan adopsi kendaraan listrik dalam menanggapi tren ini, dan Eropa diharapkan akan mengeluarkan peraturan tentang emisi CO2 yang dihasilkan mobil pada tahun 2020*1. Mengingat tren ini dan antisipasi permintaan akan kendaraan listrik, kemungkinan kekurangan ketersediaan baterai untuk kendaraan listrik dapat terjadi dalam waktu dekat. Proyek JST ini berusaha mengembangkan teknologi baru yang akan memastikan jarak tempuh kendaraan listrik lebih jauh dan konsumsi baterai yang lebih minim dengan memasang motor di dalam roda yang dapat menerima tenaga listrik langsung dari jalan baik saat mengemudi atau berhenti. Jika terwujud, sistem ini akan mengatasi kekurangan baterai di masa depan serta membantu mengurangi bobot kendaraan listrik itu sendiri.

Dalam proyek penelitian dan pengembangan ini, University of Tokyo bertanggung jawab untuk perumusan dan pengujian konsep pengisian daya listrik nirkabel pada saat berjalan yang terjadi pada motor yang berada di roda serta penelitian dan pengembangan teknologi dasarnya. NSK akan mengawasi pengembangan motor roda yang lebih mudah dimasukkan ke dalam kendaraan dengan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan melalui proyek-proyek motor roda sebelumnya. Mereka juga akan mengeksplorasi kemungkinan metode pemasangan infrastruktur pengisian daya listrik nirkabel lainnya yang diperlukan masyarakat. Bridgestone akan memimpin dan membantu proses pengembangan ban untuk membuat pasokan listrik yang sangat efisien terhadap motor roda saat pengisian dengan menggunakan teknologi material pada ban.

 

Jadwal kedepannya untuk proyek ini termasuk dari sisi desain, prototipe, dan verifikasi motor di roda hingga akhirnya produksi kendaraan listrik yang sudah dilengkapi dengan motor tersebut. Pada tahun 2022, proyek ini akan menguji sistem pada kendaraan yang sudah dilengkapi dengan ban baru tersebut. Berdasarkan masukan dari berbagai organisasi dan perusahaan yang terlibat dalam pengembangan sistem ini, maka tim proyek tersebut akan terus bergerak maju dengan pengembangan dan selanjutnya menargetkan transisi ke fase pengujian verifikasi pada tahun 2025.

 

University of Tokyo, NSK, dan Bridgestone telah sepakat untuk membuat hak paten dasar yang terkait dengan proyek ini terbuka. Dengan demikian, kerangka kerja kekayaan intelektual dimana perusahaan dan organisasi yang disetujui oleh komite pengarah proyek akan dapat menggunakan teknologi yang dilindungi hak dengan lisensi bebas akan dibentuk. Membuka akses ke teknologi ini akan memfasilitasi inovasi-inovasi lainnya bermunculan yang melebihi batasan-batasan pada proyek penelitian bersama saat sekarang. Melalui proyek ini pula, Universitas Tokyo, NSK dan Bridgestone bertujuan untuk berkontribusi pada perwujudan masyarakat mobilitas berkelanjutan dengan mempromosikan inovasi terbuka dan menggabungkan teknologi untuk meningkatkan cara orang dan barang bergerak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi